Laman

Sunday, April 10, 2011

PENYEBAB SISWA TIDUR DI SEKOLAH

Pasti setiap remaja pernah mengalami atau melihat orang lain tertidur saat pelajaran di sekolah sedang berlangsung. Tentunya itu merupakan sesuatu yang memalukan bila ketahuan oleh guru dan akan ditertawakan oleh teman – temannya. Tapi kita tidak bisa “mengecap” mereka orang yang malas, karena mereka seperti itu ada faktor penyebabnya.





1. Karena mereka terlalu banyak melakukan aktivitas yang mengurangi waktu mereka untuk istirahat. Ada banyak orang yang karena harus menyelesaikan tugas sekolahnya hingga mengesampingkan jam mereka untuk tidur, akibatnya tubuh menuntut untuk beristirahat di waktu yang tidak tepat apalagi ketika pelajaran berlangsung di sekolah.



2. Faktor hormon yang tidak stabil ketika masa remaja



3. Perubahan jam tidur seorang remaja. Pada masa remaja seseorang di tuntut untuk tidur selama 8 jam agar tubuhnya optimal. Tetapi kenyataanya , jam tidur mereka kurang dari itu, jadi tubuh serasa lemas dan malas melakukan apapun kecuali tidur.



4. Kualitas tidur yang tidak maksimal, disebabkan oleh posisi tidur yang membuat tubuh tidak nyaman.



5. Suasana yang tidak kondusif saat pelajaran. Misalnya, guru terus menerangkan materi pelajaran tanpa di selingi tanya jawab atau humor. Suasana seperti itu membuat kelas menjadi sepi dan akhirnya suasana belajar berubah menjadi suasana “mengantuk”.

No comments: