Laman

Friday, May 6, 2011

Fasilitas di sekitar kita yang bermanfaat untuk kesehatan


                Ada istilah “sehat itu mahal harganya”, tapi tidak selalu istilah itu benar. Kalau anda sekalian peka, banyak sekali alat – alat penunjang kesehatan yang sudah tersedia di sekitar kita tanpa kita sadari (bahkan sebagian besar gratis). Berikut fasilitas umum atau alat – alat yang bisa kita pikirkan lagi soal penggunaanya terhadap kesehatan.
1. Jembatan Penyebrangan.
 Sudah pasti setiap orang tahu fasilitas umum tersebut. Dari namanya saja kita bisa tahu apa kegunaan utama fasilitas itu yaitu untuk jalur menyebrang melewati atas sebuah jalan raya atau jalan besar yang ramai. Tentu untuk menggunakannya kita harus menaiki anak tangga yang jumlahnya 25 anak tangga bahkan lebih, lalu menuruni anak tangga dengan jumlah yang sama. Baik sekarang kita asumsikan bahwa naik satu anak tangga membakar 1 kalori di tubuh kita. Bayangkan berapa kalori yang kita bakar ketika kita menyebrang menggunakan jembatan penyebrangan.
2. Sepeda.
Untuk yang ini tidak perlu saya jelaskan anda semua pasti sudah tahu fungsi dan manfaatnya.
3. Taman.
Cobalah ubah mindset anda bahwa “ kalau jalan – jalan yang enak itu di mall” menjadi “kalau jalan – jalan yang enak dan sehat itu di taman”, kenapa ? karena udara di taman jauh lebih bersih dan sehat daripada di mall jadi bermanfaat bagi pernafasan kita. Sekarang penglihatan, menurut penelitian beberapa ahli, mata kita akan rileks ketika melihat sesuatu yang berwarna  hijau misalnya daun – daun di pepohonan. Kalau di satu pohon saja bisa membuat rileks mata kita, bayangkan ada berapa pohon dalam sebuah taman. Selain itu ketika kita berjalan menyusuri taman secara otomatis kalori kita akan terbakar.
4. Bus.
Alat ini hampir di setiap daerah ada. Bagi yang pernah menggunakannya tentu pernah merasa getaran – getaran ketika bus berjalan. Kita asumsikan satu menit getaran membakar 1 kalori, kalau kita menggunakan bus untuk ke sekolah atau ketempat kerja yang butuh waktu lebih dari satu menit, berapa kalori di tubuh kita yang terbakar. Selain itu kita juga membantu masalah kemacetan.
5. Galon / jerigen air. 
Jangan bingung dulu. Maksudnya adalah mengangkat galon atau jerigen air. Kita bayangkan mengangkat galon / jerigen air tersebut adalah mengangkat  barbel, angkat beban,  atau apapun itu sebutannya, berarti sama – sama kita melatih otot – otot lengan dan kekuatan lengan kita. Hitung – hitung melatih nafas juga lho.
Selamat Mencoba….

No comments: